Press "Enter" to skip to content

Daya Tarik Wisata Labuan Bajo, Apa Saja?

abuan Bajo merupakan salah satu tempat di Pulau Flores yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Labuan Bajo sudah menjadi salah satu wisata unggulan wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk menuju ke Labuan Bajo, wisatawan dapat menggunakan jalur darat, udara, maupun laut. Namun agar lebih mudah sampai, pengunjung dapat menggunakan jalur udara, yakni menggunakan penerbangan pesawat Transnusa.

Pesawat menghubungkan Labuan Bako dengan beberapa kota besar di Indonesia seperti Denpasar, Mataram, Kupang, dan Ende. Setiap hari ada 3-5 penerbengan menuju Labuan Bajo. Berikut beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi saat di Labuan Bajo.

Taman Nasional Komodo

Kawasan Taman Nasional Komodo sudah menjadi objek wisata unggulan dan sudah dikenal di dunia. Bahakan ini merupakan salah satu warisan dunia UNESCO dengan habitat binatang komodo yang langka. Tedapat tiga pulai di kawasan Taman Nasional Komodo antara alain Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Di taman ini ada sekitar 2.500 ekor komodo yang panjangnya bisa mencapai 3 meter.

Pantai Merah

Objek wisata di Labuan Bajo berikutnya adalah Pantai Merah atau lebih dikenal dengan Pink Beach. Objek wisata ini masuk dalam 7 pink beach di dunia. Warna merah muda dari pasir pantai berasal dari binatang mikroskopi Foraminifera yang menghasilkan pigemen merah di terumbu karang sehingga saat bercampur dengan pasit akan menghasilkan warna pink.

Goa Baru Cermin

Selain tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, Goa Baru Cermin juga sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Goa alam yang memiliki stalagmit dan stalaktit yang indah ini memiliki berbagai macam fosil seperti fosil penyu dan biota laut yang berada di dalam goa. Di sekitar goa terdapat hutan yang dihuni banyak kera ekor panjang serta babi hutan liar.

Labuan Bajo menawarkan keindahan yang sangat menakjubkan khususnya bagi wisatawan dengan tipe petualangan. Aktivitas paling banyak di Labuan Bajo adalah aktivitas laut  seperti snorkling dan diving. Adapun hiking sambil menikmati keindahan alam Labuan Bajo.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *