Press "Enter" to skip to content

Objek Wisata Punthuk Mongkrong Magelang Jawa Tengah

Objek wisata Punthuk Mongkrong menjadi sebuah wisata yang dikembangkan oleh masyarakt desa di lereng bukit menoreh Kab Magelan. Daya tarik wisata yang ditawarkan yaitu keindahan alam pemandangan candi Borobudur, gunung merapi dan gunung Merbabu.

Punthuk Mongkrong menjadi punthuk tertinggi diwilayah perbukitan menoreh dibanding dengan Setumbu, kemudian Sukmojoyo serta Gupakan. Lokasi dari Punthuk Mongkrong terletak di desa Giritengah, Kec Borobudur, Magelang.

Punthuk tersebut memiliki ketinggian 624 meter diatas permukaan laut. Berada di area perbukitan Menoreh sebelah barat daya dari Taman Wisata Dunia – Candi Borobudur. Keadaaan di area puncak cukup sempit dan dikelilingi jurang. Fasilitas yang ada di sana yaitu bangku duduk wisatawan, rumah pohon untuk berswafoto.

Keberadaan rumah pohon di area wisata tersebut wajib anda singgahi karena memiliki daya tarik yang indah untuk melihat pemandangan alam Magelang. Fasilitas toilet dan kamar mandi di area wisata tersebut belum tersedia, soslusinya anda harus menumpang ke rumah warga sekitar.

Dengan dasilitas yang terbatas, namun pemandangan yang tersedia di area Punthuk Mongkrong harus anda eksplor. Di Punthuk Mongkrong ini, Anda dapat melihat panorama sunrise atau matahari terbit karena posisi dari puncak ini mengarah ke timur. Selain itu, pemandangan indah Candi Borobudur di atas ketinggian yang jarang Anda temukan.

Kemudian terdat juga pemandangan dari Gunung Merapi, Gunung Sumbing serta Gunung Merbabu yang mempesona dari atas bukit. Pemandangan lain yaitu puncak – puncak bukit lainnya yang berada dibawahnya seperti Punthuk Suroloyo dan Punthuk Sukomojoyo.

Rute yang bisa anda tempuh untuk menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor ke arah Candi Borobudur. Dari candi Borobudur kemudian melanjutkan dari jalan yang beraspal di samping Hotel Manohara Resort Borobudur. Anda ikuti perjalanan tersebut hinga menuju Hotel Amanjiwo Resort atau di daerah Majaksingi.

Lanjut perjalanan sampai menemukan perempatan sebelum Sekolah Dasar SDN Tuksongo I. Lalu  ambil jalan menuju arah kanan dan akan menemukan perempatan Gunden. Dimulai dari perempatan itu kemudian Anda mengambil jalan kea arah kiri yaitu menuju Balai Desa Giritengah. Papan – papan petunjuk menuju Punthuk Mongkrong ini akan mulai mudah Anda temukan mulai dari Balai Desa Giritengah.

Selamat mengeksplore wisata Magelang Punthuk Mongkrong.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *