Press "Enter" to skip to content

Fakta Konsumsi Sampah Bali 12.000 Kubik Per Hari

Bali adalah Pulau Indah, namun tidak berbeda dengan kota lainya di Indonesia masalah utama yaitu sampah. Data yang diungkap dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali produksi sampah di Bali setiap harinya mencapai 12.000 kubik terbagi 70 persen sampah organi dan 30 persen sampah anorganik.

Menurut Surjana Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bali menyebutkan hampir 11 persent dari produksi sampah adalah limbah sampah plastik.

Sampah plastiik memang menjadi problem klasik untuk pengolahan sampah, jika sampah plastik akan menghasilkan dioksin mencemari udara, namun jika ditanam maka sangat membutuhkan waktu yang lama untuk sampah bisa terurai oleh zat pengurai serta tanah.

Upaya pengolah sampah memang menjadi hal yang sangat penting dan bisa dikatakan sangat mendesak. Pemberlakuan kebijakan pemerintah dengan menetapkan biaya untuk pembelian menggunaan kantong plastik memang belum sepenuhnya bisa mengatasi permasalahan sampah plastik keseluruhan.

Suarjan mengungkapkan perlu adanya tindak lanjut penangan secara berkesinambungan atau bisa dibilang tepat guna dan sasaran.

Konsep 3R menjadi salah satu konsep yang dirasa perlu dicoba, Konsep 3R meliputi  Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi) dan Recycle (mendaur ulang).

Suarjana menambahkan jika konsep 3R mampu dilakukan maka hanya residunya saja yang akan masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). Jumlahnya residu setelah penerapan 3R diperkirakan hanya 13 persen dari sampah sebenarnya.

Bali sebagai salah satu Pulau Destinasi wisata favorit di Indonesia memang benar-benar harus menjadi pulau yang bersih agar wisatawan nyaman saat berada di Bali.

Beberapa waktu lalu sempat viral ada penyelam asal Inggris yang mengunggah video bagaimana kawasan laut Bali dipenuhi sampah plastik berlokasi di penyelaman Manta Point Nusa Penida.

Dalam video tampak Rich Horner pria yang merekam dirinya berenang diantara sampah plastik yang begiut banyaknya. Dalam beberapa bulan terakhir, Bali dibanjiri sampah terutama yang terbawa arus dari Jawa selama musim penghujan.

Berbagai kasus sampah menumpuk memang masih mengahantui Pulau Bali, penanganan masih terus diupayakan oleh dinas terkait bersama penggiat lingkungan dan masyarakat agar Bali terbebas dari sampah.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *