Medco Energi Selesaikan Proyek Dayung Facility Optimization (DFO) Lebih Cepat

Medco Energi Internasional Tbk melalui anak usahanya Medco E&P Grissik (MEPG) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), telah berhasil mempercepat penyelesaian proyek Dayung Facility Optimization (DFO) di Dayung Gas Gathering Station, Sumatera Selatan. Awalnya dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada akhir Juli 2024, proyek ini berhasil dimulai lebih awal pada 30 Juni 2024.

Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo menjelaskan bahwa Proyek DFO ini adalah langkah optimalisasi pada unit Gas Turbine Compressor GTC-101. Sebelumnya, unit ini hanya memiliki dua tingkat kompresi yaitu intermediate dan high.

Namun, setelah dilakukan modifikasi, kini unit ini memiliki tiga tahap tekanan: low, intermediate, dan high. Dengan adanya optimalisasi ini, penyaluran gas dari Stasiun Dayung ke Grissik meningkat dari 28 juta kaki kubik per hari (mmscfd) gas menjadi 33 mmscfd.

Selain optimalisasi Gas Turbine Compressor, lingkup proyek Dayung Facility Optimization juga mencakup penambahan degassing column, charge pump, dan injection pump pada Produced Water System. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penanganan air hasil produksi hingga 9,800 barel air per hari (bwpd) yang akan disalurkan ke sumur injeksi.

“SKK Migas terus mendukung berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. Dukungan ini diwujudkan melalui berbagai bentuk kerja sama dan koordinasi yang intensif,” ungkap Wahju dalam keterangan resminya pada Kamis (11/7).

Direktur & Chief Operating Officer PT Medco Energi Internasional Tbk, Ronald Gunawan menyampaikan bahwa keberhasilan percepatan proyek Dayung Facility Optimization ini dapat tercapai berkat kerja keras seluruh tim proyek dan tim operasi, serta kolaborasi yang baik dengan SKK Migas.

“Ini merupakan komitmen kami bersama SKK Migas dalam meningkatkan pasokan energi yang lebih efisien dan andal untuk memenuhi kebutuhan energi nasional,” ujar Ronald.

Dengan keberhasilan ini, diharapkan pasokan energi nasional dapat lebih terjamin dan mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. Optimalisasi fasilitas di Dayung Gas Gathering Station menjadi langkah strategis dalam memastikan stabilitas dan efisiensi distribusi gas di Indonesia.

Demikian informasi seputar penyelesaian proyek Dayung Facility Optimization. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Wallpaper-Nature.Com.