Deretan Pabrik Smelter Terbesar di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia

Tembaga, logam berwarna kemerahan yang sangat konduktif, merupakan salah satu bahan baku paling penting dalam industri modern. Mulai dari peralatan elektronik, konstruksi, hingga transportasi, tembaga berperan krusial.

Karena permintaan sangat tinggi, banyak perusahaan tambang yang membangun pabrik tembaga degan sekala besar agar dapat memenuhi kebutuhan global.

Artikel ini akan membahas pabrik tembaga terbesar di dunia yang kapasitas produksinya mencapai ratusan ribu metrik ton.

Pabrik Tembaga Terbesar di Dunia

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa pabrik tembaga terbesar di dunia yang perlu Anda ketahui.

  • PT Smelting

    PT Smelting adalah pabrik tembaga terbesar di dunia yang dimiliki oleh PT Freeport Indonesia. Lokasinya berada di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (KEK JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

    Smelter ini disebut memiliki kapasitas untuk menyerap konsentrat tembaga hingga 1,7 juta ton per tahun. Angka ini jauh lebih besar ketimbang Guixi Smelter di China yang berkapasitas 900.000 metrik ton per tahun.

    Nilai investasi yang dikucurkan oleh PT Freeport Indonesia untuk pembangunan pabrik ini mencapai 2,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp33 triliun. Adapun total investasi smelter ini mencapai 3 miliar dolar AS atau Rp45 triliun.

    Smelter ini menjadi pabrik pengolahan konsetrat tembaga single line atau satu jalur terbesar di dunia dengan kapasitas 1,7 ton. Sementara precious metal refinery-nya berkapasitas 6.000 per tahun.

    Pabrik ini dapat menghasilkan 600.000 ton tembaga, 50 ton emas, dan 210 ton perak setiap tahunnya. 

    • Guixi Smelter

    Posisi nomor dua daftar pabrik tembaga terbesar di dunia dihuni oleh Guixi Smelter. Ini adalah smelter tembaga yang dimiliki Jiangxi Copper Corp.

    Jiangxi Copper Corp sendiri merupakan produsen tembaga terbesar di China. Perusahaan ini memproduksi ratusanribu ton tembaga setiap tahunnya dari tambang yang berada di Dexing dan Yongping, sertam tambang bawah tanah Wushan.

    Menurut data Statistita, kapasitas produksi tembaga pabrik ini mencapai 900.000 metrik ton pada tahun 2022.

    • Smelter Chuquicamata, Jinchuan, Hamburg, dan Besshi

    Pabrik tembaga terbesar ketiga di dunia adalah Smelter Chuquicamata di Chile. Total kapasitas produksi dari pabrik ini mencapai 450.000 ton per tahun.

    Adapun pabrik tembaga lain yang kapasitas produksinya sama dengan Smelter Chuquicamata adalah smelter Jinchuan di China, Smelter Hamburg (Jerman), dan Smelter Beshi di Jerman.

    • Smelter El Teniente, Chifeng, dan Chinalco

    Pabrik tembaga terbesar di dunia yang berikutnya adalah Smelter El Teniente yang ada di Chile, Chifeng (China), dan Chinalo Southeat Copper (China).

    Ketiga pabrik tersebut dapat memproduksi tembaga dengan kapasitas 400.000 ton per tahun.

    Menurut Encyclopedia Britanica, smelter atau tempat peleburan digunakan untuk ekstraksi logam dasar dari bijih logam menggunakan tenaga panas dan zat pereduksi kimia yang bersumber dari karbon. Sumber karbon berfungsi untuk menghilangkan oksigen dari bijih sehingga menghasilkan elemen logam yang murni sebagai produknya.

    Demikian informasi tentang pabrik tembaga terbesar di dunia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca.