Press "Enter" to skip to content

Wisata Baru Surabaya Yang Hits Di Sosial Media

Surabaya ternyata punya banyak lokasi wisata baru yang unik, selain mall-mall dan Tugu Pahlawan yang cukup mainstream. Sisihkan waktu sejenak untuk menjelajahi beberapa wisata baru untuk melihat Kota Surabaya dari sisi berbeda.

Yang pertama, Monumen Parasamya Punakarya Nugraha. Monument tersebut baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada Jumat, 28 Desember 2018 lalu. Monumen yang masih jadi satu kawasan dengan Kantor Gubernur Jatim ini sekaligus menjadi penanda Titik Nol Kilometer Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Kabarnya monumen ini didesain oleh I Nyoman Nuarta, seniman yang juga membuat patung Garuda Wishnu Kencana (GWK) di Bali.

Yang kedua, Museum De Javasche Bank di Surabaya. Museum mata uang ini disebut juga sebagai Museum Bank Indonesia yang dibuka pada 2012, setelah proses restorasi selesai.

Museum ini terdiri dari tiga lantai dan menampilkan sejarah sistem perbankan di Indonesia. Ada tiga bagian utama yang bisa kamu temukan di sini. Pertama, ruangan koleksi mata uang lama, ruangan koleksi dari konservasi, dan ruangan koleksi harta budaya.

Selain wisata sejarah, Museum De Javasche Bank ini juga sering jadi spot berburu foto karena cukup Instagramable. Kamu bisa berkunjung ke Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan, Surabaya, setiap hari, kecuali Senin atau hari libur.

Yang ketiga, Hutan Kota Pakal. Hutan ini mulai dibangun pada 2008 silam dan kini mulai ramai dikunjungi wisatawan, meski gaungnya belum banyak didengar masyarakat Surabaya secara merata. Ruang terbuka hijau ini berlokasi di daerah Pakal, Benowo, Surabaya Barat.

Hutan kota seluas 13 hektare tersebut saat ini keadaannya sudah jauh lebih proper dengan akses masuk yang semakin mudah. Ada sekitar tujuh gazebo buat bersantai, lahan bermain, taman bunga, dan kolam-kolam ikan. Terdapat pula pembangkit bertenaga biogas yang tenaganya diperoleh dari kotoran kambing dan sapi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *