Press "Enter" to skip to content

PLTA Kayan dan PLTU Paiton: Dua Pembangkit Listrik Terbesar se-Asia Tenggara

PLTA Kayan Akan Susul PLTU Paiton Menjadi Pembangkit Listrik Terbesar se-Asia Tenggara.

PT Kayan Hydro Energy (KHE) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan, Kalimantan Utara pada akhir tahun ini dengan kapasitas mencapai 9.000 megawatt.

Memiliki kapasitas sebesar 9.000 megawatt membuat PLTA Kayan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

PLTA Kayan Susul PLTU Paiton sebagai Pembangkit Listrik Terbesar se-Asia Tenggara

Kapasitas yang dimiliki PLTA Kayan sebesar 9.000 megawatt, membuat PLTA Kayan berhasil menggeser PLTA terbesar di Indonesia sebelumnya, yakni PLTA Cirata yang terletak di Bandung Barat.

Selain menggeser PLTA Cirata sebagai PLTA terbesar di Indonesia. Provinsi Kaltara akan tercatat dalam sejarah sebagai lokasi pembangkit berbasiskan tenaga air (hidro) terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini dikarenakan PLTA Kayan akan menggeser PLTA terbesar se-Asia Tenggara yakni Dam Pembangkit Son La yang berlokasi di Sungai Da, 340 Km sebelah barat Hanoi, Vietnam dengan kapasitas listrik sebesar 2.400 megawatt.

Pembangkit Listrik (merdeka.com)

Untuk menghasilkan 9.000 megawatt, pembangunan PLTA Kayan ini bakal dilakukan secara bertahap. Sebagaimana seperti yang dijelaskan oleh Direktur PT Kayan Hydro Energy, Khaerony.

Khaerony menjelaskan bahwa PLTA Sungai Kayan nantinya akan dibangun secara bertahap. Total ada lima tahapan, adapun pembagian tahapannya seperti ini:

Kayan 1 akan dibangun dengan daya sebesar 900 megawatt, Kayan 2 dengan kapasitas sebesar 1.200 megawatt, kemudian Kayan 3 dan 4 akan dibangun dengan kapasitas masing-masing sebesar 1.800 megawatt, terakhir untuk Kayan 5 dibangun dengan daya sebesar 3.200 megawatt.

Jadi jika dihitung secara keseluruhan, pembangunan PLTA Kayan akan menghasilkan kapasitas listrik mencapai 9.000 megawatt.

Sebagai informasi, selain PLTA Kayan, Indonesia juga memiliki pembangkit listrik terbesar se-Asia Tenggara. Lho! Pembangkit listrik itu adalah PLTU Paiton.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton berlokasi di kaawasan pesisir Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

PLTU Paiton berdiri pada tahun 1993 dan mulai beroperasi secara lancar dan smooth pada tahun 1994. Memiliki total kapasitas energinya mencapai 4.600 megawatt, membuat PLTU Paiton ini menjadi salah satu pembangkit listrik tenaga uap terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Saking besarnya, energi listrik yang dihasilkan dari unit Paiton tersebut dapat memasok listrik pulau Jawa dan Bali.

Meski dicap sebagai pembangkit listrik terbesar, PLTU Paiton juga merupakan salah satu unit yang ramah lingkungan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *