Press "Enter" to skip to content

Makanan Khas Palembang Yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Salah satu makanan khas Palembang yang paling dikenal adalah Pempek. Bahkan tidak hanya di kota asalnya saja, Pempek sudah banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Padahal selain Pempek, kota Palembang memiliki berbagai kuliner lezat lainnya yang memiliki rasa yang khas dan berbeda dari kota-kota lainnya.

Makanan khas Palembang juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan.

Kemplang Bakar

Kempalang merupakan krupuk dengan baan baku ikan yang berasala dari daerah Pelembang dan Sumatera Selatan. Kemplang khas Palembang terdiri dari dua jenis bentuk antara lain bulat dan lonjong. Kempang memiliki permukaan yang rata, pipih, dan cukup lebar sehingga sangat renyah ketika dikonsumsi.

Kemplang Palembang dibakar di atas bara api. Dengan proses pembakaran tersebut kemplang memiliki aroma yang khas. Masyarakat Palembang sering mengonsumsi kemplang dengan nasi dan sambal terasi.

Lempok Durian

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Lempok Durian. Makanan ini merupakan sejenis dodol dengan bahan dasar durian dan gula. Pembuatan Lempok dilakukan secara turun temurun menggunakan peralatan yang sederhana.

Proses pembuatan Lempok Durian menggunakan kayu bakar dengan membutuhkan waktu yang cukup lama. Makanan khas Palembang ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh di seluruh penjuru Palembang.

Kue Maksuba

Nama makanan dari Palembang ini memiliki nama yang unik dan cukup asing didengar masyarakat Indonesia. Masyarakat Palembang menjadikan kue Maksuba sebagai makanan favorit dan selalu ada di acara-acara besar.

Bentuk dari kue ini seperti kue lapis. Bahan dasar dari kue Maksuba adalah telor bebek, mentega, serta gula. Dalam satu loyak kue, membutuhkan 28 telor bebek.

Bolu Kojo

Kue ini juga dikenal dengan nama lapis kojo dengan rasa khas manis legit. Disebut kojo karena makanan khas Palembang ini diolah dengan cara dipanggang atau dengan cara dikukus. Warna hijau dari kue ini berasal dari pandan. Anda dapat dengan mudah mendapatkan kue khas Palembang ini di tempat oleh-oleh di Kota Palembang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *