Press "Enter" to skip to content

Kawasan Potensi Wisata Unggulan di NTB

Nusa Tenggara Barat memiliki banyak tempat wisata menarik yang belum terjamah. Hingga saat ini wisatawan mancangara hanya mengetahui Bali sebagai tempat wisata tujuan. Padahal wilayah NTB memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah menarik dengan yang ada di Bali. Kondisi alam yang masih asri menjadi nilai lebih daya tarik wisata di NTB.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, HL Gita Aryadi mengungkapkan jika provinsi Nusa Tenggara Barat akan fokus untuk mengembangkan 15 potensi wisata unggulan yang terdapat di Lombok dan Sumbawa.

Beberapa objek wisata yang berada di Pulau Lombok adalah Gili Trawangan, Gill Meno, Gill Air, Kawasan Sire, dan Senggigo yang merupakan kawasan wisata bahari. Kawasan wisata tersebut terdapat akomodasi penginapan seperti hotel dan restauran yang memadai untuk para wisatawan.

Sedangkan untuk kawasan lain seperti Suranadi adalah kawasan udara sejuk yang memiliki nuansa religi serta budaya yang masih kental. Ada juga Gili Gede yang merupakan kawasan wisata bahari, pembenihan mutiara dan terdapat pulau-pulai kecil yang mengelilinginya.

Kawasan lain yang memiliki potensi wisata unggulan adalah Gunung Rinjani. Kawasan untuk kegiatan wisata alam yakni dengan tracking atau naik gunung ke kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anakan.

Untuk pemandangan bawah laut, Gili Indah merupakan kawasan potensial untuk wisata bawah laut. Wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat kawasan dusun Sade atau desa tradisional Rembitan. Desa tradisional tersebut merupakan wisata cagar budaya suku Sasak.

Potensi pariwisata di Nusa Tenggara Barat dapat sangat terbuka lebar bagi investor. Semakin tahun kunjungan wisatawan terus meningkat. Ada banyak peluang investasi yang ada di kawasan NTB seperti perhotelan, resort, dan restauran.

Saat ini pemerintah juga fokus membangun infrastruktur dan berkomitmen untuk memudahkan para calon investor untuk menanamkan modalnya di sektor wisata. Dengan dukungan pemerintah maka diharapkan banyak investor yang tertarik untuk datang ke Indonesia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *