Press "Enter" to skip to content

Jenis Kopi Khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya dan memiliki alam yang sangat indah. Masyarakat Indonesia yang ramah juga dikenal oleh wisatawan dunia. Selain itu, banyak kuliner Indonesia yang khas dan banyak disukai masyarakat dunia. Salah satu produk dalam negeri yang dikenal dimata dunia adalah kopi.

Selain untuk menikmati keindahan alam, ternyata banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk menikmati kopi khas Indonesia. Ada beberapa jenis kopi yang populer antara lain adalah sebagai berikut.

Kopi Kintamani

Kopi ini berasal dari Bali dan memiliki rasa yang khas, yakni lembut dan manis. Variasi dari kopi kintamani diproduksi menggunakan sistem Subak yang disertifikasi oleh CIRAD. Dari produksi tersebut, kopi ini menghasilkan teksur yang kasar dan sedikit pahit jika dikonsumsi secara langsung. Kopi kintamani disukai wisatawan asing karena sangat cocok untuk diminum saat cuaca eksotis dan sejuk.

Kopi Arang

Kopi khas Indonesia yang disukai wisatawan asing adalah kopi arang atau lebih dikenal dengan sebutan kopi jos. Sajian kopi ini cukup unik karena, arang yang digunakan adalah arang yang dibakar kemudian dimasukkan ke dalam gelas yang berisi kopi. Kopi arang memiliki aroma cabai saat diseduh menggunakan air panas.

Kopi Lanang

Kopi lanang menjadi salah satu kopi dari Indonesia yang disukai wisatawan asing. Kopi ini berasal dari Malangsari Kalibiru, Jawa Timur. Kopi lanang juga dikenal sebagai kopi peaberry. Keunikan dari kopi ini adalah hanya memiliki satu biji kopi, bukan dua seperti biasanya.

Kopi Wamena

Kopi Indonesia selanjutnya berasal dari Papua, tepatnya Kota Wamena. Meski berasal dari Kota Wamena, tetapi banyak orang yang menyebutnya sebagai kopi Papua. Kopi ini ditanam diperkebuanan yang terletak diketinggian lebih dari 15.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 20-25 derajat celcius.

Kopi Wamena merupakan kopi organik yang sangat disukai wisatawan asing. Kopi ini memiliki aroma lembut dengan rasa yang manis.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *